Minggu, 06 Februari 2011

Masalah Utama Proyek di Indonesia

Proyek konstruksi dipengaruhi oleh banyak variabel dan faktor-faktor yang tidak terduga. Pembangunan proyek konstruksi memerlukan banyak keahlian, material, alat, dan sumber daya yang berbeda. Faktor-faktor penentu kesuksesan perusahaan jasa konstruksi terdiri dari faktor internal, eksternal, dan market forces. Pada pengadaan jasa konstruksi, faktor internal merupakan salah satu faktor yang sangat penting dan mempunyai pengaruh terhadap kinerja perusahaan. Permasalahan yang disebabkan faktor internal mempunyai pengaruh yang cukup besar sehingga dapat menurunkan kinerja waktu dan biaya pada proyek-proyek konstruksi. Faktor-faktor utama penyebab kegagalan kontraktor adalah :
1        Penafsiran harga yang lemah atau catatan-catatan tentang pembiayaan pekerjaan terdahulu yang kurang tepat.
2        Munculnya kejadian-kejadian yang tak terduga, misalnya terjadinya penangguhan pekerjaan, kenaikan upah dan harga yang tak terduga, keputusan pemilik proyek yang terlambat, dan perubahan desain.
3        Manajemen proyek yang lemah, kemampuan manajer proyek yang kurang sesuai dan dukungan manajemen pusat yang tidak selaras dengan lapangan.
4        Bencana alam, banyak kecelakaan tidak dilindungi oleh asuransi.
5        Pemilik bangkrut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar